Minggu, 26 Juni 2011

Review Perkembangan Parameter Perkembangan Fadhl Usia 3-4 Tahun

Review Perkembangan Parameter Perkembangan Fadhl Usia 3-4 Tahun






(Sumber: Buku Slow and Steady Get Me Ready oleh June R Oberlander)


Alhamdulillah tanggal 25 Juni 2011, Fadhl telah mencapai usia 4 tahun, yang artinya babak baru perkembangan kemampuan dirinya akan dimulai kembali, dengan target yang tercatat walau tidak memaksa . Selama ini bunda hanya bertindak sebagai pengarah, menjelaskan dan membimbing serta sedikit ikut sertta dalam perkembangan motorik kasar dan halusnya.

Masih butuh banyak pembelajaran dan stimulasi bagi kemajuan dirinya. Niat kami untuk meng-homeschoolingkan fadhl walau dengan metoda unschooling, menjadikan kami selaku orangtua harus setia mengarahkan dan menjelaskan mengenai apa yang terjadi pada sekitar, menuntun kemajuan verbal dan motorik sehingga bisa menumbuhkan konsep berpikir logika sedini mungkin.

Baiklah, bunda akan berusaha mengevaluasi perkembangan fadhl selama usia 3-4 tahun ini.

1. Naik turun tangga dengan kaki kiri dan kanan bergantian  Hal ini sudah begitu fasih dia lakukan sejak usia 2 tahunan, kini perjalanan naik turun tangga bukan masalah lagi baginya. Good boy , yang harus diingat adalah tingkat kehati-hatian, karena terkadang Fadhl bergerak begitu cepat, smoga koordinasi gerakan dan kehati-hatian akan selalu selaras sehingga meminimalisir kecelakaan.

2. Mencoba mencontoh beragam bentuk yang tergambar: lingkaran,kotak, segitiga, segiempat dan oval  Pengenalan bentuk geometri sudah dikuasai dengan baik. Fadhl sudah bisa membedakan bentuk serta mencontohnya dalam gambaran. Good boy, namun kemampuan dan keinginan melukis/menggambar masih kurang, fadhl masih lebih berminat kepada interaksi langsung dengan benda, sedangkan untuk menggambar atau menuangkannya dalam tulisan/gambar, fadhl masih memiliki kendala, keinginan yang masih lemah.

3. Memasang dan mencopot sepatu  Alhamdulillah sudah bisa dilakukan dengan baik, walau belum berupa sepatu bertali karena memang belum diajarkan cara menyimpul tali. Kemandirian dalam melakukan hal pribadi sudah terlihat dari diri Fadhl, dia cenderung tidak ingin dibantu, dan jikapun mengalami kendala, Fadhl akan meminta pertolongan. Fadhl pun sudah bisa membedakan sepatu kanan dan kiri, dengan tertib, Fadhl akan meletakkan sepatu pada posisinya lalu baru mengenakannya pada kaki kanan dan dilanjut ke kaki kiri. Good boy.

4. Menghitung 1 sampai 4 benda yang sama  menghitung benda sudah bisa dilakukan dengan baik, 1- 15 sudah fasih dikerjakan. Menjumlahkan juga sudah bisa walau terkadang masih harus dibantu. Good boy , masih harus ditingkatkan dalam hal penyusunan angka, untuk belasan masih sering berbolak balik.

5. Mengulang sedikitnya 3 benda terakhir yang berurutan disebutkan  Kemampuan verbal sudah sangat baik, daya ingat meningkat dengan tajam. Pengulangan terhadap perintah ataupun benda yang diucapkan sudah dapat dilakukan secara sempurna. Excellent . Yang masih harus diperbaiki adalah cara pengucapan, huruf R belum terucap secara sempurna dalam rangkaian kata.
6. Mampu menceritakan kembali atau mengingat cerita sederhana atau pengalaman  Hal ini sudah dengan baik dilakukan, hal sederhana yang sudah dilalui dapat dengan fasih diceritakan kembali. Excellent . Yang masih harus dikembangkan adalah penyusunan kata , saat ini Fadhl memasuki tahap gagap, banyak ide yang ingin diungkapkan, namun tersendat dalam ucapan verbal. Tindakan kami sebagai orangtua adalah tetap mendengarkan tanpa ada keinginan memotong atau membantu Fadhl dalam penyusunan kalimat.

7. Bermain permainan individu sederhana diantara teman lain  Bermain sering dilakukan bersama kakak atau teman di rumah. Fadhl mampu menyerap instruksi dan mau bermain sesuai porsinya. Permainan yang sering dilakukan adalah congklak, gasing, bola atau permainan sederhana lainnya. Good boy. Namun masih harus sering diingatkan mengenai antrian atau giliran, terkadang masih ingin didahulukan atau marah jika terkesan kalah.


8. Mencopot kancing baju sendiri  Sudah sempurna dikerjakan olehnya, koordinasi jari jemari dalam mencopot kancing sudah terasah dengan baik. Excellent. Untuk memasang kancing terkadang masih butuh bantuan karena masih ada kendala mengenai ukuran lubang yang seringkali sempit

9. Mengendarai sepeda roda tiga (koordinasi tampak baik)  sudah dapat dilakukan dengan sempurna sejak usia awal 3 tahun. Koordinasi antara kaki dan tangan serta pandangan mata sudah terjalin dengan sempurna. Fadhl dapat mengarahkan, membelokkan sepeda serta memberhentikan dengan baik. Excellent. Sayangnya, saat ini roda sepedanya sedang rusak, mudah2an segera kita perbaiki ya


10. Berbicara kalimat pendek dan sederhana  Kemampuan verbal telah terasah maksimal, sudah bisa menyusun kalimat dengan baik, kondisi gagap yang sedang dijalaninya, diatasi dengan terus memberikan kepercayaan pada dirina untuk terus merangkai kalimat tanpa ada bantuan dari pihak yang mendengarkan. Good boy, yang harus diperhatikan adalah cara pengucapan beberapa huruf masih belum sempurna

11. Tampak mengerti aturan permainan  sudah bisa mencerna suatu peraturan, baik peraturan dalam permainan ataupun peraturan dalam rumah. Sudah memahami dengan baik tentang konsekwensi , baik hukuman ataupun penghargaan. Goodboy .. namun terkadang masih suka tidak konsisten dan masih sering melanggar peraturan itu .


12. Bermain lompat kaki  Sudah sempurna dilakukan, melompat melewati rintangan baik dengan satu kaki ataupun meloncat dengan dua kaki. Excellent. Yang perlu diperhatikan adalah ke hati-hatian, Fadhl masih suka sembrono dan asal melompat, sehingga terkadang sering jatuh

13. Memotong dengan arahan  untuk proses memotong masih belum terasah, walau sudah bisa dilakukan. Menggunting sesuai garis masih melenceng dan butuh latihan untuk mengkoordinasikan antara guntingan dan arahan


14. Mengenali 8 warna dasar  Alhamdulillah sudah bisa membedakan beberapa warna, penyebutan sudah sempurna. Hitam putih biru merah hijau orange, abu abu, kuning, ungu, merah muda .

15. Memecahkan persoalan (tenggelam/mengambang, mur/baut, bermain puzzle)  Fadhl menyukai permaianan rancang bangun, dia sudah bisa membuat bangunan dan menyusun balok menjadi suatu bentuk. Membuka kaleng, memasang batre, memutar mur/baut sudah sempurna dilakukan, pemainan puzzle masih butuh bimbingan dan waktu yang lebih lama.


16. Mengenal bentuk - lingkaran, kotak, segitiga, segiempat dan oval  sudah sempurna baik dalam pengenalan maupun dalam penggambaran kembali. Sudah mampu menggambar bentuk dari susunan bentuk tersebut. Excellent

17. Mengenal beberapa huruf alphabet  Beberapa huruf sudah bisa dihafalkan, begitupun huruf Hijaiyah. Namun Fadhl masih terkesan malas untuk konsentrasi pada pengenalan yang detail. Harus dilatih dengan lebih serius

18. Mampu berjalan seimbang pada titian semp  kemampuan keseimbangannya sudah sempurna, bisa berjalan lurus pada titian , koordinasi kaki dan pandangan bisa dilakukan dengan baik


19. Menyelesaikan perintah sederhana  Tidak ada masalah dengan pengerjaan atas suatu perintah. Walau terkadang masih mengelak dari perintah, namun masih bisa datur dengan ketegasan dan nada bicara yang pas . excellent

20. Melompat satu kaki dengan teknik yang lebih sempurna  motorik kasar dan gerakan olahraga sudah nyaris sempurna, jumping, rolling, sudah bisa dilakukan, namun untuk berlari, koordinasi antara gerakan kaki dan tangan masih belum sempurna.


Nilai:
_ Jika ada 10 atau kurang aktivitas yang mampu dilakukan, perkembangan terlambat.
_ Jika ada 10 sampai 15 aktivitas yang mampu dilakukan, perkembangan agak terlambat.
_ Jika ada 16 sampai 20 aktivitas yang mampu dilakukan, perkembangan memuaskan.


Alhamdulillah, walau belum semua sempurna dilakukan oleh fadhl, namun ke 20 parameter tersebut sudah bisa dikerjakan oleh fadhl. Kemampuannya akan selalu diasah menuju kesempurnaan gerakan fisik , baik motorik kasar dan halus. Pada periode selanjutnya bunda akan lebih berkonsentrasi pada motorik halus, misalnya mengenai cara memegang pensil yang baik, sehingga sudah mulai belajar cara menulis dengan lebih halus.
Fase gugup nya akan terus diantisipasi dengan tetap memberinya kepercayaan diri, dan membebaskan dia berbicara dengan caranya.
My litlle boy, semoga Allah selalu melindungi dirimu dan kita semua, jadilah anak pintar yang belajar dari kehidupan alam semesta. Allah mencipta begitu banyak keindahan untuk dinikmati, dicermati, diteliti dan diambil manfaat untuk kemudian disebarkan kembali lewatt ilmu.
Jadilah anak yang selalu mencari, menggali dan menebar cinta dan kasih dalam keikhlasan …
I love you dan selamat menjalani usia 4 tahun-mu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ditulis oleh saya, bunda dari Fadhl, sebagai catatan perjalanan sekolah kami berdua.